177. Mengulik Perbedaan Airpods dan Airpods Pro, Earphone Canggih Keluaran Apple

Airpods

Selain laptop dan smartphone, Apple juga merilis earphone khususnya sendiri yang dinamakan Airpods. Sudah ada dua jenis Airpods yang dikeluarkan oleh Apple, yakni Airpods generasi pertama dan Airpods 2. Selain itu yang terbaru, Apple kembali mengeluarkan produk Airpods, yakni Airpods Pro.

Uniknya, Airpods terbaru ini dirilis bukan untuk menggantikan Airpods generasi dua, melainkan sebagai produk baru yang telah mengalami upgrading dan terlahir baru. Sudah barang tentu, Airpods Pro menawarkan hal yang berbeda. Namun, apa saja perbedaan antara kedua Airpods ini? Berikut ulasannya:

1. Desain Airpods

Hal pertama yang terlihat sangat berbeda antara Airpods dan Airpods pro adalah desain kedua produk ini. Pada Airpods jenis standar, desainnya menyerupai earbud. Ini membuat letak earphone berada di telinga luar, sehingga suara yang dihasilkan kurang maksimal.

Sedangkan pada Airpods pro, desain tersebut diubah menjadi in-ear monitor. Hal ini membuat earphone lebih masuk ke dalam telinga, sehingga suara yang dihasilkan lebih bening.

2. Suara Yang Dihasilkan

Jika dibandingkan dari segi kualitas suara, maka Airpods Pro jauh lebih unggul dibandingkan Airpods standar. Perbedaan kualitas audio tersebut terjadi karena Airpods Pro mengadopsi sistem ventilasi terbaru. Akibatnya, tekanan bisa disetarakan dengan lebih baik. Selain itu, adanya fitur adaptive EQ membuat suara yang dihasilkan lebih baik dan unggul.

3. Adanya Perbedaan Eartips

Setiap pengguna memiliki ukuran lubang telinga yang berbeda. Apple tampaknya sangat memahami hal ini, sehingga mewujudkannya dengan memberikan variasi eartips pada produk Airpods Pro. Ada tiga variasi eartips yang disertakan pada Airpods ini, yakni small, medium, dan large.

4. Fitur Noise Cancelling

Perbedaan selanjutnya antara Airpods dan Airpods Pro adalah keberadaan fitur noise canceling. Fitur inilah yang menjadi daya tarik dan jual Airpods Pro. Adanya fitur noise canceling ini mengakibatkan pengguna tidak mendengar suara bising di lingkungan.

Selain noise canceling, ada juga mode transparency yang mengizinkan suara di lingkungan terdengar oleh pengguna meski masih menggunakan Airpods. Tentunya dengan begitu, pengguna masih bisa mendengar apa yang terjadi di sekitar tanpa perlu melepas Airpodsnya.

5. Harga

Salah satu perbedaan yang sangat mencolok antara kedua Airpods tersebut adalah harganya. Versi Pro tentunya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan versi standar. Airpods Pro diketahui dibanderol dengan harga $249 atau Rp.3,5 juta. Sedangkan harga Airpods biasa hanya berkisar di angka 2,5 juta hingga 3 jutaan saja. Harga yang ditampilkan ini sudah termasuk dengan charging case.

Itulah tadi beberapa perbedaan antara Airpods dan Airpods Pro. Bingung memilih yang mana? Sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan. Pastinya, pengguna bisa mendapatkan produk terbaik!

 

Tags: