Tips Agar Cepat Hamil Dengan Minum Susu

tips agar cepat hamil

Anda dan pasangan sedang menjalankan program kehamilan atau sedang mempersiapkan diri untuk hamil? Jika jawabannya iya, maka saatnya merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan konsumsi makanan bergizi, termasuk susu hamil. Jangan lupa ikuti tips agar cepat hamil.

Bicara soal susu, apakah boleh mengkonsumsi susu sebelum kehamilan? Boleh saja, sebab susu merupakan minuman yang kaya akan protein, kalsium, fosfor, vitamin D, dan vitamin lainnya. Zat ini justru penting sekali untuk pertumbuhan gigi, tulang, jantung, hingga sistem saraf. Sangat penting dikonsumsi bagi Anda yang memang sedang mempersiapkan diri untuk hamil.

Sayangnya, konsumsi susu juga harus diperhatikan, sebab Human Reproduction mengungkapkan wanita yang mengkonsumsi susu low fat sebanyak dua kali sehari justru lebih beresiko mengalami gangguan kesuburan karena masalah ovulasi.

Bagaimana dengan konsumsi susu hamil sebelum kehamilan?

Susu hamil bukanlah susu biasa, namun susu ini telah dibuat menggunakan formula khusus untuk melengkapi gizi ibu hamil. Biasanya susu untuk ibu hamil telah dilengkapi beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan janin, seperti zat besi, asam folat, hingga asam lemak esensial.

Meski susu tersebut dibuat khusus untuk perkembangan janin, namun sah-sah saja jika Anda ingin mengkonsumsinya sebelum kehamilan. Hal ini tidak akan berdampak buruk terhadap tubuh Anda.

Namun, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa susu hamil maupun susu biasa hanya berguna sebagai pelengkap saja. Ibu harus tetap mengkonsumsi makanan bergizi lainnya untuk mempersiapkan tubuh saat kehamilan nanti.

Makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh terhadap kecukupan gizi dan fungsi tubuh lainnya, seperti hormon, dan tingkat kesuburan. Jadi, perhatikan asupan makanan Anda. Jaga gaya hidup dan pola makan sebagai salah satu tips agar cepat hamil.

Anda boleh saja mengkonsumsi susu hamil baik sebelum maupun selama kehamilan, namun jangan lupa bahwa susu hanya bersifat sebagai pelengkap saja. Anda harus tetap mengkonsumsi makanan bergizi sebagai makanan utama. Ubah gaya hidup dan jelaskan pola hidup sehat.

Mengenal jenis Susu Untuk Ibu Hamil

Susu ibu hamil sendiri ternyata memiliki beragam jenis dengan kelebihannya sendiri yang mampu membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, diantaranya:

Susu Skim

Susu skim memiliki kandungan kalori yang sedikit, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang tidak ingin menambah kalori selama masa kehamilan. Sayangnya susu n=ini sebaiknya tak dikonsumsi berlebihan, karena miskin kandungan vitamin A, D, E, dan C.

Susu Full Cream

Susu full cream sangat cocok bagi ibu yang memiliki berat badan dibawah rata-rata, karena mampu membantu meningkatkan berat badan selama proses kehamilan. Inilah sebabnya, susu full cream tidak disarankan dikonsumsi bagi ibu yang mengalami kegemukan, karena selain kaya kalori, susu ini juga kaya akan lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan justru kurang baik untuk kesehatan jantung.

Susu Pasteurisasi

Proses pasteurisasi merupakan proses yang paling penting untuk dilakukan. Proses pasteurisasi membantu menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga susu cenderung lebih aman untuk dikonsumsi baik untuk janin maupun ibu sebagai tips agar cepat hamil.

Raw Milk

Susu raw milk, adalah susu mentah (belum dipasteurisasi). Ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi susu pasteurisasi ini karena masih mengandung banyak bakteri yang beresiko menyebabkan terjadinya infeksi. Salah satunya adalah infeksi listeriosis yang disebabkan karena mikroba. Tak hanya susunya saja, namun ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi produk olahan yang makanan yang belum dipasteurisasi. Selain mengkonsumsi makanan sehat dan susu, praktekkan 8 Tips Berhubungan Agar Cepat Hamil.